Selasa, 30 Agustus 2011

APAKAH HARI INI PUASA


ASSALAMUALAIKUM WARAKHMATULLAH HIWABAROKATU  
wahai umat Nabi Muhammad SAW yang insya allah dirahmati oleh Allah SWT.

APAKAH HARI INI PUASA ?
Mungkin banyak dari kita yg bingung, bimbang. bleng-bleng dll , tentang puasa atau tidaknya kita hari ini ..?
Ada yang Memilih Puasa, Ada juga yang tidak. Kebanyakan dari yang tidak berpuasa langsung mengambil kesimpulan 1 Syawal itu hari ini.
Sebenarnya saya juga sempat bingung tapi saya berpikir secara logika tentang masalah ini yang insyaallah masuk akal.

Kita ambil 3 Kesimpulan :
[1] Jikalau Misalnya hari ini adalah 1 Syawal dan kita berpuasa maka haram lah puasa hari ini
     Sebagimana Rasulullah SAW melarang berpuasa pada dua hari : hari Fithr dan hari Adha. (HR Muttafaq ‘alaihi)
 
[2] Jika 1 Syawal jatuh pada hari rabu  lalu kita berpuasa pada hari ini maka lengkap lah puasa kita, -
“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka,’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut”. (HR. Bukhari dan Muslim)

[3] Dan jika tidak maka, rugi lah kita + dosa karena tidak menjalankan kewajiban kita sebagai umat muslim
     Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang berbuka (tidak berpuasa) sehari di bulan Ramadhan tanpa mendapatkan rukhshoh (keringanan) dan juga tanpa adanya sakit, maka seluruh puasa yang dilakukannya selama setahun tidak dapat menimpalinya (membayarnya)." (HR.at-Turmudziy)

Lalu Apakah yang saya plih dari 3 Kesimpulan diatas ?
---->Saya lebih memilih Puasa pada hari ini !!
Mengapa demikian ???

Logika nya begini, Dengan adanya sidang Hisbat yang menyatakan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Rabu tgl 31 Agustus 2011 meyakinkan kita bahwa hari ini puasa terakhir kita pada bulan Ramadhan tahun ini.
Sidang ini insyaallah bisa dipercaya karena  tidak sembarang orang yang mengikuti, hanya orang yang berilmu dan mengerti agama. Mereka menetapkan 1 Syawal ini berdasarkan hadits-hadits yang ada sebagai pedoman penentuannya, jadi insya allah 1 Syawal itu jatuh pada hari Rabu esok. Jadi kita bukan mengikuti Pemerintah, tetapi mengikuti Hadits dan tuntunan yang sudah ada.

Dibawah ini adalah rangkuman singkat tentang sidang tadi :
----------------------------------------------------------------------
Pengumuman Resmi Pemerintah 1 Syawal 1432H Lebaran 2011 Keputusan Menteri Agama 31 Agustus 2011. Hasil Sidang itsbat Kementerian Agama. Pemerintah melalui Kemenag menetapkan 1 Syawal 1432 H jatuh pada Rabu 31 Agustus 2011. Lihat Video Sidang Isbat 1 Syawal 1432H Menag (Live Streaming) Keputusan Pemerintah Lebaran 2011 Idul Fitri 1432 H dan Hasil Klasemen Liga Inggris 2011/2012 Live Score Update Jadwal Top Scorer Liga Primer Inggris 2011 EPL.

Keputusan diambil setelah Menteri Agama Suryadharma Ali yang memimpin sidang mendengarkan 12 pandangan ormas Islam yang hadir dalam sidang yang digelar di Kementerian Agama, Jl Lapangan Banteng, Senin (29/8/2011).

“Bahwa 1 Syawal jatuh pada Rabu 31 Agustus 2011. Bisa disetujui?” tanya Suryadharma.
“Setuju,” sambut mayoritas peserta sidang sembari bertepuk tangan. Suryadharma pun mengetuk palu tanda disetujuinya keputusan.
Suryadharma sebelumnya mempertimbangkan 4 intisari masukan 12 ormas yang telah disampaikan kepadanya. Intisari itu pertama, meminta agar kriteria disatukan, dan agar Kemenag lebih kuat lagi untuk memusyawarahkan kriteria penentuan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah.

Kedua, perbedaan penentuan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah masih berpeluang terjadi. Namun sebaiknya pengumuman dilakukan pada saat yang sama.

Ketiga, kesimpulan lain yang menjurus untuk diambil keputusan. Pemberi saran, laporan dari berbagai titik yang melakukan rukyah, dan memperhatikan fatwa dan pandangan majelis ulama menyetujui secara mayoritas, bahwa 1 syawal jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011.

Keempat, dari Muhammadiyah yang menghargai dan menghormati pandangan Lebaran jatuh pada Rabu 31 Agustus. Namun, Muhammadiyah meminta izin untuk melaksanakan Lebaran esok hari, Selasa 30 Agustus 2011 dengan catatan saling menghormati perbedaan sehingga persatuan dan kesatuan umat dan bangsa tetap utuh.

Dengan demikian dari ormas-ormas yang hadir hanya Muhammadiyah yang menyatakan 1 Syawal jatuh pada Selasa 30 Agustus 2011. detik.com
----------------------------------------------------------------------
Lebih baik kita berpuasa dari pada tidak kan..? karena kebenaran itu hanya milik Allah SWT [Allahu 'alam]. Jadi walaupun banyak beberapa pendapat, lebih baik mengikuti aturan dan keputusan yang ditetapkan yang  insya allah bisa dipertanggung jawabkan dan jikalaupun meleset penetapan 1 Syawal bukan lah kesalahan kita jua karena kita hanya mengikuti keputusan dari MUI, Mentri Agama dan para Ahlii.

Janganlah menjadi orang yang Paling Benar sendiri, di indonesia ini banyak ulama banyak orang berilmu yang mengerti tentang penetapan ini. Jadi kita hendaknya bisa lebih bersifat Qona’ah, Tasamuh dan juga dapat berToleransi terhadap pendapat dan keputusan yang sudah ada.

Adapun Negara-negara yang menetapkan 1 Syawal dan melaksanakan Idul Fitri hari ini :
[-] Arab Saudi
[-] Mesir
[-] Libya
[-] Malaysia
[-] Dll

Dan juga Negara-negara yang akan melaksanakan Idul Fitri pada hari rabu esok :
[-] Indonesia
[-] Belanda
[-] Afrika Selatan
[-] Dll

Mengapa Ada perbedaan hari seperti ini ..?
Apakah mungkin dikarenakan letak dan geografis yang membedakan waktu nya ? [Wallahu ‘alam]

Kebenaran hanya milik Allah, kesalahan isi dan tulisan adalah milik saya dan saya berlindung kepada Allah atas kebodohan saya.
ASSALAMUALAIKUM WARAKHMATULLAH HIWABAROKATU :D

 --ANDY NUR--

AUTHOR : ANDY NUR Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel APAKAH HARI INI PUASA, diterbitkan oleh Andy Nur pada hari Selasa, 30 Agustus 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Saya ini adalah manusia biasa yang terObsesi ingin menjadi seorang Programmer & Web Designer ya walaupun sampai hari ini, jam ini, menit ini dan detik ini belum kesampean (Hehee :D). Ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan bisa berinovasi lagi itu tentu. "TOTALITAS SEBUAH KUALITAS"
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

CRASHER TEAM Source by Andy Nur

 
Edited by Andy Crasher | CreditLasantha - Premium Blogger Themes | Crasher Team
Loading...